Cara Pindah Game Steam dari Local Disk C ke Disk yang lain

Cara Memindahkan File Game Steam ke Drive lainya tanpa Koneksi Internet - Steam saat ini sudah sangat terkenal karena kelengkapan Video Game dan Fitur-fitur pendukungnya yang memudahkan kita mengelola Game yang dimainkan. Salah satu fitur yang akan kita bahas yaitu MOVE INSTALL FOLDER.

Ketika kita menginstal game Steam maka secara Default file game tersebut terinstal di Local Disk C Komputer kalian, Padahal tidak semua Laptop atau Komputer memiliki ukuran Partisi yang besar pada Local Disk C nya.
Kalau kalian membeli SSD baru dan ingin memindahkan file game Steam ke SSD tanpa perlu download ulang, itu bisa dilakukan dengan menggunakan fitur MOVE INSTALL FOLDER jadi tak perlu download ulang game-game yang sudah ada dengan ukuran puluhan gigabyte bahkan mungkin bisa ratusan gigabyte.

Pemindahan lokasi Game pada tutorial kali ini tidak keseluruhan, jadi kalian dapat memilih hanya beberapa game saja yang akan dipindahkan. Kalian cukup membuat membuat Library pada Setiap Disk yang sekiranya Kosong atau memeng ingin digunakan supaya tidak menghabiskan ruang pada salah satu Drive saja.

Sebelum kita Mulai tutorialnya Pastikan Steam dan Game yang akan dipindahkan sudah dalam keadaan sudah diupdate. Tutorial ini akan ada 2 proses yaitu pembuatan Library baru lalu pemindahan.


Cara Memindahkan File Game Steam ke Drive Lain



1. Membuat Library Baru

  1. Masuk Settings
  2. Pilih Downloads -> STEAM LIBRARY FOLDERS
  3. Klik ADD LIBRARY FOLDER
  4. Saya Memilih E:\ karena masih banyak ruang -> SELECT
  5. Klik NEW FOLDER...
  6. Atur Nama LIBRARY -> OK

2. Pemindahan File

Saya mencoba memindah Dota 2
  1. Pilih game, klik kanan -> Properties
  2. Pilih Menu LOCAL FILES -> MOVE INSTALL FOLDER...
  3. Klik MOVE FOLDER
  4. Tunggu sampai selesai
  5. Setelah selesai langsung Klik PLAY nanti Game akan Update (tidak memakai Koneksi Internet, ini hanya Validasi File).
Setelah Proses Validasi selesai kalian dapat memainkan game seperti semula tetapi dengan Lokasi file yang sudah berbeda, sehingga dapat mengefisienkan penyimpanan di Komputer/Laptop kalian.


Sekian artikel tutorial kali ini semoga berguna untuk kita semua. Apabila ada kendala silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post