Mengetahui Jumlah Slot Ram Laptop Tanpa Bongkar dan Software

Cara paling mudah untuk melakukan pengecekan slot RAM dapat dilakukan tanpa harus membongkar bagian bawah laptop maupun menggunakan software terkait. Saya akan memberikan sedikit cara untuk melakukannya.
Sebelum itu, tujuan dari pengecekan slot RAM ini untuk memastikan slot cukup jika dikemudian hari berencana ingin menambahkan RAM agar Laptop semakin kencang. Adapun kebutuhan lain seperti bahan pembanding antar laptop yang akan dibeli.

Soal RAM ini kalian harus teliti ketika membelinya karena memiliki jenis, speed dan ukuran. Untuk laptop terbaru kebanyakan sudah menggunakan RAM DDR4 dan untuk laptop versi lawas masih menggunakan RAM bawaan DDR3 atau DDR3L.

Jadi misalkan RAM bawaan laptop kalian itu DDR4 4GB lalu ingin menambahkan 1 lagi RAM, belilah yang serupa dari segi ukuran, jenis dan speed agar RAM laptop kalian menjadi Dual Channel, efeknya membuat RAM bekerja secara efisien dan kencang.

Lalu bagaimana caranya mengecek slot ramnya? Oke simaklah dibawah ini.

Langkah-langkah
  1. Buka Task Manager (Ctrl+Shift+Esc/cari di pencarian Windows).
  2. Klik pada Performance.
  3. Pilih Menu Memory, lihat pada Slots used.
Pada gambar contoh Laptop saya diatas menunjukan Speed RAM 2133 MHz, dan Form factor SODIMM yang artinya RAM Laptop. Untuk RAM PC LODIMM.

Walaupun Slot terlihat 4, namun pada umumnya ketika kita bongkar hanya ada 2 slot saja.

Baca Juga: Agar Taskbar Windows kalian Transparan, keren lo

Catatan: Misalkan kalian memiliki RAM DDR4 4 GB 2400 MHz dan DDR4 4 GB 2133 MHz, apakah bisa Dual Channel? Tentu saja bisa, jadi laptop akan membaca sesuai dengan speed RAM terendah menjadi 2x4 GB 2133 MHz. Maka dapat disimpulkan alangkah baiknya kalian juga mengecek speed RAM agar membeli RAM yang sesuai speednya.

Nah Seperti itulah sedikit pengetahuan tentang bagaimana mengecek jumlah slot ram yang ada di laptop kita. Semoga Bermanfaat. Terimakasih Dan Jangan Lewatkan Postingan Lainnya.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post