cek kecepatan loading website dan blog

Hal ini perlu dilakukan karena untuk mengetahui secepat apa loading website/blog yang kita miliki agar membuat pengunjung merasa nyaman. Bisa dengan saking nyamannya sampai membuka artikel-artikel yang lain di website/blog kita. hehe.

Namun ketika loading menuju website/blog kita terkesan lambat akan membuat pengunjung geram bahkan jengkel karena harus menunggu beberapa saat, alhasil mereka membatalkan kunjungan lalu berpindah ke pilihan website lain, ini sangat merugikan padahal website/blog sudah dibuat sedemikian rupa dengan artikel-artikel original yang berkualitas tetapi sepi kunjungan.



Jaman sudah modern. Semua hal semakin instan. Sama seperti loading ini, sekali klik 1-3 detik sudah terbuka artikel pada website/blog, memang harusnya seperti itu lalu mengapa masih saja banyak website/blog ternama tetapi memiliki waktu tunggu loading lama? lihat dibawah ini.

Faktor-faktor yang membuat proses loading website/blog lambat yaitu:
1. Terlalu banyak Widget yang terlalu berat.
2. Kode HTML terlalu panjang.
3. Terdapat banyak gambar dan video pada halaman.
4. Template yang digunakan kurang responsif.
5. Terdapat link dan gambar dari website lain yang rusak maupun usang.
6. Disaat klik koneksi terputus, bisa wifi mati atau data off.

Nah sekarang ada website dimana kita dapat menguji coba website kita apakah layak dikatakan fast loading atau malah lambat. Website ini bernama pingdom lengkapnya tools.pingdom.com 

Langkah-langkahnya: 

1. Kunjungi tools.pingdom.com.
2. Masukan url situs/blog kalian.
3. Pilih negara (saran Melbourne, Australia).
4. Tunggu beberapa detik akan muncul hasilnya.

5. Jika performance grade 80 keatas sudah dikatakan fast loading, jika dibawah 80 sebaiknya diperbaiki agar proses loading lebih cepat.

Nah itulah cara singkat untuk cek kecepatan loading website dan blog untuk mengetahui seberapa cepat proses loading website/blog kita. Terimakasih semoga bermanfaat.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post