Macam-macam Pengertian dalam RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Software Engineering

Artikel ini diharapkan dapat membantu sobat-sobat semuanya yang sedang mencari informasi bahan belajar terkait pengertian-pengertian terkait Rekayasa Perangkat Lunak yang biasa disingkat RPL.


Setelah membaca artikel ini saya harapkan sobat dapat memahami banyak pengertian yang ada, sehingga memudahkan sobat saat menentukan suatu pertanyaan dan definisi.

A
  • Analisis Berorientasi Objek atau Object Oriented Analysis (OOA) adalah tahapan untuk menganalisis spesifikasi atau kebutuhan sistem yang akan dibangun dengan konsep berorientasi objek. Apakah benar kebutuhan yang ada dapat diimplementasikan menjadi sebuah sistem berorientasi objek.
  • Analisis Sistem adalah kegiatan untuk melihat sistem yang sudah berjalan, melihat bagian mana yang bagus dan tidak, dan kemudian mendokumentasikan kebutuhan yang akan dipenuhi dalam sistem yang baru.
C
  • Class adalah kumpulan objek-objek dengan karakteristik yang sama dan menjadi definisi statis dari himpunan objek yang sama.
  • Computer-Aided Software Engineering (CASE)  adalah sebuah perangkat lunak yang membatu dalam pembuatan sebuah sistem perangkat lunak agar hasilnya lebih baik dan waktu pengerjaan lebih singkat.
  • Conceptual Data Model (CDM) adalah konsep yang berkaitan dengan pandangan pemakai terhadap data yang disimpan dalam basis data, sebagai penggambaran, arsitektur basis data dibuat dalam bentuk tabel-tabel tanpa tipe data yang menggambarkan relasi tabel untuk keperluan implementasi ke basis data.
  • Customer perangkat lunak adalah pelanggan perorangan atau organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak (Software) dari pengembang perangkat lunak untuk digunakan.
D
  • Data Flow Diagram (DFD) adalah Diagram Aliran Data (DAD), representasi grafik untuk perancangan pemrograman terstruktur, menggambarkan aliran informasi dan transformasi informasi yang diaplikasikan sebagai data mengalir dari input dan output.
  • Database Management System (DBMS) adalah suatu sistem aplikasi yang diinginkan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data dari hasil input.
  • Desain Berorientasi Objek atau sering disebut Object Oriented Design (OOD), tahapan perantara untuk menggambarkan spesifikasi atau kebutuhan sistem yang akan dibangun dengan konsep berorientasi objek ke desain pemodelan agar lebih mudah diimplementasikan dengan pemrograman berorientasi objek.
  • Desain Perangkat Lunak adalah upaya untuk membangun sebuah sistem yang memberikan kepuasan akan spesifikasi kebutuhan fungsional, memberi target, memenuhi kebutuhan secara implisit(belum jelas) atau eksplisit(jelas, tegas) dari segi performansi maupun penggunaan sumber data, kepuasan batasan pada proses desain dari segi biaya, waktu, dan perangkat.
E
  • Entity Relationship Diagram (ERD) adalah pemodelan awal basis data yang dikembangkan berdasarkan teori himpunan dalam bidang matematika untuk pemodelan basis data relasional yang saling terkait.
K
  • Kamus data (Data dictionaryadalah kumpulan daftar elemen data yang mengalir pada sistem perangkat lunak sehingga masukan (input) dan keluaran (output) dapat dipahami secara umum atau standar penulisan untuk memperjelas aliran data yang digambarkan pada DFD.
M
  • Metodologi berorientasi objek adalah suatu strategi pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan terhadapnya.
  • Mock-up adalah suatu model desain yang digunakan untuk mengajar, mendemonstrasikan, evaluasi desain, promosi, atau keperluan lain yang membutuhkan desain interaktif.
O
  • Object Oriented Analysis (OOA) adalah tahapan untuk menganalisis spesifikasi atau kebutuhan akan sistem yang akan dibangun dengan konsep berorientasi objek, apakah benar kebutuhan yang ada dapat diimplementasikan menjadi sebuah sistem berorientasi objek.
P
  • Pelanggan Perangkat lunak adalah Perorangan atau Organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak (software) dari pengembang perangkat lunak.
  • Pemakai Perangkat Lunak atau User adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaan.
  • Pemrograman terstruktur adalah konsep, paradigma atau sudut pandang fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur yang dibutuhkan program komputer.
  • Perangkat lunak adalah program komputer yang sudah lengkap dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model, desain, dan cara penggunaan.
  • Physical Data Model (PDM) adalah model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data dimana setiap tabel mempunyai sebuah kolom dan setiap kolom memiliki nama yang unik beserta tipe datanya.
R
  • Rapid Aplication Development (RAD) adalah Model proses yang pengembangan perangkat lunak yang bersifat inkremental(berkembang sedikit demi sedikit) terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek, model ini adalah adaptasi dari model air terjun versi kecepatan tinggi dengan menggunakan model air terjun untuk mengembangkan setiap komponen perangkat lunak.
  • Rational Unified Process (RUP) adalah pendekatan pengembangan perangkat lunak arsitektur (architecture-centric), lebih diarahkan berdasarkan penggunaan kasus (use case driven)  khusus untuk pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Rational Software.
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah pembangunan perangkat lunak dengan menggunakan prinsip atau konsep rekayasa dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomi, dipercaya dan beker
S
  • Sistem adalah kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin dicapai.
  • Sistem basis data adalah sebuah sistem ter-komputerisasi yang tujuan utamanya untuk memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan.
  • Sistem Manajemen Basis data atau Database Management System (DBMS) adalah suatu sistem aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data.
  • Social information technology adalah teknologi informasi sosial, aspek sosial yang berkaitan dengan implementasi suatu teknologi informasi.
  • Software adalah sebuah perangkat lunak, program komputer yang sudah memiliki dokumentasi baik dari sisi dokumentasi kebutuhan, model desain dan cara penggunaan lengkap.
  • Software Development Life Cycle (SDLC) adalah proses yang mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya (berdasarkan  best practice atau cara-cara yang sudah teruji baik).
  • Software Engineering adalah Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan prinsip atau konsep rekayasa dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomis dan dipercaya dan bekerja secara efisien menggunakan mesin.
  • Software Requirment Specification (SRS) adalah dokumen yang menjelaskan mengenai spesifikasi kebutuhan sistem informasi.
  • Structured Query Language (SQL) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola data pada Relational Database Management System (RDBMS) yang dikembangkan berdasarkan teori aljabar relasional dan kalkulus.
U
  • Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa visual untuk pemodelan dan komunikasi mengenai sebuah sistem dengan menggunakan diagram dan teks-teks pendukung.
  • Unified Process adalah sebuah proses pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara iteratif (berulang) dan inkremental (bertahap dengan proses menaik).
  • User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaan dan peroses.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post