Excel - Cara Menggunakan Goal Seek di What-If Analysis, bagi Pemula!

Microsoft Office Excel merupakan tool komputer yang berguna untuk melakukan perhitungan matematika yang bisa dibilang komplek & rumit. Nah salah satu fitur yang akan kita bahas, yaitu What-If Analysis - Goal Seek.


Fitur satu ini bisa membuat kalian bereksperimen mengenai data atau nilai yang sedang kalian kerjakan. Fitur yang sangat berguna ini sangat berguna karena bisa menemukan data yang tidak lengkap atau menemukan nilai yang secara logika dapat diterima karena memenuhi kriteria tertentu.

Goal Seek
Berbeda dengan yang biasa kita lakukan yaitu dengan memasukan formula/rumus terlebih dahulu untuk mengetahui hasil akhir dari suatu nilai, misalnya menggunakan AVERAGE() untuk menghitung nilai rata-rata, sedangkan fitur Goal Seek akan membantu  kita mencari data yang tidak ada berdasarkan hasil yang diinginkan.
Contoh Kasus:
Misalnya kita adalah seorang guru, kita diharuskan memasukkan nilai dari murid kita, ada 4 Nilai + 1 Nilai Akhir(Rata-rata):


  • Nilai Tugas Teori
  • Nilai Tugas Praktek
  • Nilai UTS
  • Nilai UAS
  • Nilai Akhir


Dari keempat nilai diatas ternyata baru ada 3 Nilai saja karena UAS belum dilaksanakan. Tugas kita ialah memberi tahu kepada setiap murid berapa Nilai UAS yang harus dicapai supaya setidaknya Nilai Akhirnya di Raport mendapatkan 70.

Cara Menggunakan Goal Seek di Excel

Langkah 1
Sesuai Contoh kasus diatas, Nilai baru ada 3 saja karena UAS belum dilaksanakan.

Langkah 2
Hitung Rata-rata menggunakan =AVERAGE(B2:B5). Kenapa kok sampai B5? padahal kosong? iya karena nantinya kita membutuhkan cell B5, makanya walaupun kosong tetap di blok.

Langkah 3
Kemudia masuk menu Data lalu What-If Analysis pilih Goal Seek...

Langkah 4
Set cell: Cell yang akan berisi nilai akhir (target) yang diinginkan.
To value: Nilai akhir (target) yang diinginkan.
By changing cell: Nilai yang secara otomatis terisi berdasarkan target.
---OK---

Langkah 5
Hasilnya murid setidaknya harus mendapatkan Nilai 83 untuk memenuhi KKM.


Bagaimana sangat mudah bukan? tutorial ini saya buat sederhana dan EZ supaya sobat tidak bingung seperti di artikel-artikel sebelah. Sekarang sobat bisa bereksperimen  sesuai keinginan sobat sendiri menentukan nilai-nilainya.

Setelah ini saya akan membagikan bagaimana menggunakan What-If Analysis Scenario Manager dan Data Table supaya lengkap bagian dari What-If Analysis ini.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post