7 Cara Agar Call of Duty Mobile (CODM) Lancar Tidak Lag/ Lemot/ Panas di Ram 2 GB

Cara paling Ampuh supaya COD Mobile tidak Lag/ lemot/ patah-patah/ force close - Call of Duty Mobile merupakan Game Battle Royale terbaru yang sangat menarik untuk dimainkan. Game satu ini adalah saingan terberat PUBG Mobile, karena setelah saya mencobanya ternyata banyak sekali player pindahan dari PUBG Mobile dan Free Fire, ya walau bisa dibilang banyak yang masih mencoba-coba.


Game ini seperti Free Fire, dibawah naungan Garena. CODM membawa gameplay mirip seperti versi PCnya. Ada 2 Map pilihan yang bisa dimainkan dalam CODM yaitu Nuketown dan Crash.

Grafis yang ditawarkan dari Call of Duty Mobile sangat memukau, disamping detail FPS seperti halnya PUBG Mobile, pengaturan grafis akan otomatis disesuaikan dengan kekuatan prosesor. Walau sebenarnya demikian masih saja ada beberapa player mengeluhkan jika terjadi frame-drop mendadak atau lebih sering disebut ngeframe.

CODM merupakan game yang secara garis besar masih perlu melakukan update sampai game menjadi stabil. Nah masalah lag dan lemot menjadi kendala bagi para player, tentu beda rasanya memainkan game lancar dan game lemot, bisa saja skill kalian hebat namun ponsel lemot tentu sangat memilukan.

Setiap masalah yang terjadi tentu ada sebab dan cara mengatasi, makanya disini saya akan memberikan tutorial lengkap supaya Codm lancar jaya tanpa lag yang berarti.

PENYEBAB CALL OF DUTY MOBILE LEMOT/ LAG/ PATAH-PATAH/ FORCE CLOSE (KELUAR SENDIRI)
  • RAM sudah 2 GB tapi kurang Lega.
  • Koneksi jaringan Buruk, Ping diatas 120.
  • Banyak aplikasi berjalan di Latar belakang hingga memakan RAM.
  • Sampah Cache Aplikasi menumpuk / tidak dibersihkan.
  • Prosesor sudah ketinggalan, (anggap saja sama-sama RAM 2 GB, ponsel lama vs ponsel baru tentu bagus yang keluaran baru)
Untuk mengatasi penyebab yang kemungkinan terjadi diatas sangatlah mudah. Motubablog akan memberikan caranya khusus untuk kalian semua.



MENGATASI CALL OF DUTY MOBILE PATAH-PATAH/ LAG/ LEMOT/ FORCE CLOSE


1. UBAH KUALITAS GRAFIK
Kalau hp sobat memiliki RAM 3 atau dibawahnya lebih baik menggunakan Pengaturan GRAFIK Rendah dengan Frame High sehingga akan terasa ringan. Dalam pengaturan GRAFIK RENDAH, grafis yang disajikan pun tetap bagus dan detail.

Faktor kelancaran dan hemat baterai adalah kunci utama yang diinginkan para player CODM. Ingat game ini bisa dibilang lebih berat dibanding PUBG Mobile.

2. PAKAI WIFI
Kalau sobat disuruh memilih antara Data Seluler dan WiFi tentu saya sarankan menggunakan Wifi, karena Wifi lebih stabil dan hemat baterai. Secara..., Data seluler membutuhkan proses penangkapan sinyal radio, nah penangkapan sinyal ini terkadang membuat ponsel panas saat sinyal di tempat kalian minim/terbatas.

Makanya kalau ada wifi, gunakanlah karena wifi sifatnya menyambung saja dan tidak membebani pemrosesan seperti data seluler diatas.

3. PILIH OPERATOR YANG BAGUS
Jika memang tidak tersedia wifi di tempat kalian, kalian juga tetap bisa memilih menggunakan jaringan seluler, eeii....ts! tapi perlu diingat kalian harus pintar-pintar memilih provider/ operator jaringan yang memiliki sinyal kuat dan stabil. Ciri-ciri Provider yang baik memiliki ping yang kecil dan tidak berubah-ubah secara signifikan sehingga mendukung untuk bermain game online seperti CODM ini.

Kecepatan download yang tinggi tidak menjamin akan lancar untuk main game, bisa saja memiliki ping yang buruk.

Provider yang bagus berbeda-beda tiap tempat, tergantung jangkauan tower pemancarnya. Sedikit trik! kalau sobat paham bagaimana cara mengatur sinyal menjadi 4G ONLY maka lakukanlah, sinyal 4G memiliki ping yang bagus dibandingkan 3G.

4. BERSIHKAN CACHE
Caranya cukup Masuk Pengaturan > Penyimpanan > cari menu Hapus Cache/file sampah (!hati-hati jangan sampai Data yang terhapus ! ingat "Cache").

5. TUTUP SEMUA APLIKASI YANG DI MINIMIZE
Adakah diantara kalian yang kebiasaan cuma meminimize banyak aplikasi tanpa menutupnya dengan tujuan "gausah ditutuplah, nanti dibuka lagi kok"? waduuh... tanpa kita sadari kebiasaan itu membuat ponsel bekerja lebih ekstra untuk menjaga keadaan aplikasi tetap pada keadaan saat kita meninggalkan aplikasi, alhasil saat kita buka kembali kondisi aplikasi sama saat kita terakhir kali menggunakannya.

Akibatnya RAM yang sebenarnya di alokasikan untuk CODM saja malah dibagi untuk menjaga aplikasi-aplikasi yang diminimize supaya tetap stand by.

6. GUNAKAN GAME SPACE/LAUNCHER
Game Launcher, Game Space atau sejenisnya sangat saya sarankan untuk digunakan apalagi game yang dimainkan adalah CODM. Dibandingkan dengan game Booster yang diinstal melalui Play Store tentu Game Launcher / Space jauh lebih efektif.

Jadi jika di HP kalian terdapat game Space / Launcher gunakanlah, karena itu sudah dirancang khusus oleh developer brand kalian untuk memaksimalkan performa bermain game sobat.

7. GUNAKAN GAME BOOSTER
Banyak sekali  game booster yang tersedia di Google Play Store yang siap untuk digunakan. Game Booster ini umumnya melakukan pembersihan RAM, Cache dan Pengoptimalan saat dijalankan, maka dari itu game akan terasa lebih lancar.
Gunakan Aplikasi Booster yang memiliki penilaian/rating aplikasi Bagus.

8. ATUR TINGKAT KECERAHAN
Tingkat kecerahan layar juga bisa menyebabkan terjadinya masalah Lag, Lemot dan keluar sendiri kenapa? andai saja kalian main game di luar ruangan, pastinya kalian meningkatkan kecerahan layar jadi separuh bahkan maksimal supaya game terlihat jelas, hal ini akan membuat baterai cepat terkuras dan hp terasa panas dan  satu hal, membuat kita tidak nyaman.

Berbeda saat didalam ruangan, dengan tingkat kecerahan standar saja sudah cukup untuk memainkan CODM yang notabennya termasuk game terberat di Android.

Bagaimana kalian sudah menerapkan beberapa saran yang sudah saya jelaskan diatas? jika sudah setidaknya bisa sedikit mengatasi Lag, lemot, patah-patah yang terjadi di Call of Duty Mobile di Ponsel kalian.

Perlu diingat game ini masih baru, mungkin dalam kurun waktu tertentu pasti akan terus mendapatkan perbaikan dalam segi gameplay, performa dan perbaikan bugs.

Penutup
Sekian artikel tentang bagaimana supaya COD Mobile lancar tanpa lagdan lemot, semoga berguna untuk kita semua. Kalian juga bisa menambahkan id saya "Yato-san", siapa tau mau mabar hehe. Selamat bermain.

3 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

  1. Kak punyaku kenapa cuman ada grafik rendah ya? Pdhal hp Samsung A72 5G sma Samsung A11😥 aku main jadi beban astaga masa musuh depan jarak 10 langkah ngak kliatan sama sekali 😭

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post