Cara Mengunci File Word Agar tidak bisa di Edit

Cara Kunci Dokumen Word supaya tidak bisa diedit selain kita sendiri - Saat kita memiliki atau membuat file dokumen menggunakan Microsoft Word versi berapapun kalau memang itu merupakan file penting semacam Data Perusahaan, Skripsi, Laporan Keuangan, Tesis, Jurnal dan dokumen lainnya yang mengedepankan kerahasiaan, kita harus mengamankan dokumen tersebut guna menghindari disalahgunakan orang lain.

Ada kalanya saat kita membuat sesuatu menggunakan Microsoft Word kemudian hasilnya tidak boleh sama alias original dari ketikan tangan kita sendiri sehingga siapapun tidak boleh menyalin, mengedit, namun hanya bisa melihat saja.

Pengalaman: Ketika masih duduk di bangku kuliah saya sering mendapatkan tugas yang mengharuskan Mahasiswa untuk membuat laporan dalam bentuk Word. Syarat yang diberikan dalam pengumpulan yaitu tidak boleh sama antara satu dengan yang lainnya. Yang jadi masalah ialah pada pengumpulan, Dosen menyuruh mengumpulkan pada lini Google Drive sehingga setiap siswa bisa mengunduh dan melihat pekerjaan mahasiswa lain, disinilah saya berpikir kalau harus mengamankan dokumen saya dengan mengunci dokumen word untuk tidak bisa diedit namun bisa dilihat.

Baca Juga: Membuat QR Code dengan Microsoft Word

Maka dari itu untuk melindungi dokumen word kalian dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, kita harus menguncinya dengan menggunakan fitur penambahan password di Microsoft Word. Dibawah ini akan saya bagikan langkah-langkahnya secara lengkap dengan gambar supaya kalian lebih paham.

Cara Mengunci Dokumen Word Supaya tidak bisa diedit dan dicopy orang


  1. Siapkan Dokumen Word yang akan Dikunci.
  2. Pada Tab Menu pilih Review dan pilih Restrict Editing.
  3. Pertama: Centang Allow only this type of editing in the document dan pilih Filling in forms. Kedua: Klik Yes Start Enforcing Protection.
  4. Masukan Password yang mudah diingat lalu OK
  5. Selesai, Lihat hasilnya, Dokumen hanya bisa dibaca saja.

Untuk Menghilangkan Kunci Dokumen Word
  1. Pada Tab Menu pilih Restric Editing lagi dan klik Stop Protection.
  2. Masukan Password yang kalian buat sebelumnya
  3. Terakhir, hilangkan Centang pada Allow only this type of editing in the document.
Note: Sebelum kalian mengunci dokumen, alangkah baiknya kalian memiliki salinan dokumen, untuk menghindari lupa password karena disini tidak ada fitur lupa password.

Baca Juga: Cara Aktivasi Permanen Microsoft Office 2010, 2013, 2016, 2019

Sekian tutorial berbentuk gambar ini diharapkan dapat membantu melindungi dokumen yang sudah kalian buat dengan susah payah. Terimakasih.

Semoga harimu menyenangkan

2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

  1. mantap min....Dengan menonaktifkan fungsi copy dan edit dalam MS Word khusus untuk file yang diproteksi, maka kita dapat melindungi ide atau gagasan hasil kerja keras kita. Meskipun orang-orang yang memang berniat tidak baik masih dapat mengcopy informasi dengan cara mengetik ulang secara manual, setidaknya cara ini layak untuk dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bener sekali bro, kan kita udah capek-capek buat eh orang lain tinggal copas, hadeeeh. Kalo pake cara ini setidaknya buat yang mau copas tetap usaha nulis ulang wkwkwk.

      Delete
Post a Comment
Previous Post Next Post