7 Cara Membuat QR Code di Microsoft Word 2013/2016/2019

Cara buat QR Code di Microsoft Word 2016 dan 2019 mudah - Sebelum kita membahas bagaimana cara untuk membuat Kode QR alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu QR Code sebenarnya dan kegunaannya.

Kode QR adalah sebuah kode 2 Dimensi yang lebih baik daripada kode batang 1 Dimensi karena dapat menyimpan data yang lebih besar. Kode QR menyimpan data dalam bentuk horizontal dan vertikal sedangkan Kode batang 1 dimensi hanya berbentuk horizontal. Sehingga dengan adanya peningkatan dari Kode batang biasa menjadi Kode QR membuatnya lebih cepat dalam penyampaian dan respon informasi.

Kita pengguna Smartphone pasti sudah tahu kalau di Play Store atau APP Store sudah banyak sekali Aplikasi untuk membuat QR Code sekaligus dapat melakukan Scan.

Suatu ketika saya mendapatkan tugas dan harus menyertakan link tugas yang sudah di upload namun harus dalam bentuk QR Code, nah disitulah saya berpikir bagaimana cara membuat QR Code?.

Tanpa berpikir panjang saya langsung membuka Android dan membuat QR Code di aplikasi. Oke, setelah QR Code berhasil dibuat tenyata harus memindahkan gambar QR Code tersebut ke Laptop, namun cara demikian saya rasa kurang Efisien karena sedikit repot.

Lantas saya cari-cari apakah ada fitur pembuat QR Code yang langsung didalam Word?. Dan akhirnya ketemu, ternyata ada fitur Add-ins untuk membuat QR Code di Store. Untuk Lebih lengkapnya simak Tutorial dibawah ini.


Langkah-langkah Membuat QR Code didalam Microsoft Word



#Pastikan Komputer/Laptop Tersambung Internet


  1. Buka Microsoft Office Word 2013/2016/2019 sama saja.
  2. Masuk Insert pilih Get Add-ins/Store.
  3. Cari "QR4Office"
  4. Lalu Add.
  5. Lalu gunakan Add-ins, Isi sesuai Kebutuhan, bisa berupa link atau Custome
  6. Klik Insert
  7. Nah tinggal kalian atur ukuran dan posisinya
Mantap bukan! ini mudah sekali Ferguso! kalau kalian mengalami kesulitan atau ada perbedaan tampilan bisa tanyakan di kolom komentar. Dengan begini kalian tak perlu repot-repot harus membuatnya di Ponsel lalu memindahkannya di Komputer, cukup langsung membuatnya didalam Word dengan menambah Add-ins.
Sekian Artikel tentang bagaimana membuat QR Code di Microsoft Word ini semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment
Previous Post Next Post