Cara Mengatasi 'javac' is not recognized as an internal or external command atau Error

Singkat Cerita ketika saya mulai belajar Pemrograman Java pada salah satu Mata Kuliah di Lab Komputer, saat menjalankan Perintah "javac" beserta file javanya berjalan dengan semestinya, karena memang setiap komputer di Lab sudah diatur sedemikian rupa supaya siap digunakan untuk belajar.

Namun karena setelah perkuliahan berakhir Dosen memberikan sebuah tugas untuk dinilai, Mau tidak mau harus membuatnya sendiri karena setiap orang harus beda dan deadline keesokan harinya.
Ketika saya mencoba melakukan perintah javac ... di laptop saya sendiri muncul error 'javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file. ini membuat saya bingung karena saya sendiri masih pemula belum tahu apa-apa soal Java. Setelah itu tanpa pikir panjang langsung search Google dan menemukan cara memperbaikinya dengan cepat.
Masalah seperti ini sangatlah lazim bagi orang-orang yang baru memulai belajar Java dan mengompile Source Code menggunakan Command Prompt.  Hal ini bisa disebabkan kita belum menginstal JDK atau sudah menginstal tapi belum memasukan Alamat kedalam Path System Variable.

Ada 2 Jenis java yaitu JRE dan JDK, pada masalah kali ini yang menjadi pokok adalah JDK, jadi kalian harus mengecek apakah JDK sudah terinstal atau belum.


  1. Buka C:\Program Files\Java dan cek sudah ada JDK belum, Jika belum Silahkan download JDK DISINI, jika sudah ada lanjut ke Step 3.
  2. Download Sesuai bit Laptop/pc kalian dan Instal.
  3. Masuk ke C:\Program Files\Java\jdk...\bin, Copy alamat
  4. Klik Kanan This PC -> Properties...
  5. Klik System Protection
  6. Klik Menu Advanced -> Environment Variables...
  7. Klik pada Path yang bawah -> Edit...
  8. Langsung klik Edit Text...
  9. Pastekan di Akhir Variabel Value, jangan lupa ditambah ";"
  10. OK-OK-OK semua. Selesai
Silahkan dicoba, Pasti perintah javac sudah bisa digunakan. Dengan demikian kalian bisa lanjut belajar java tanpa kendala. Apabila ada langkah yang kurang jelas mohon sampaikan di kolom komentar supaya bisa diperbaiki.


Sekian tutorial memperbaiki perintah "javac" error semoga bermanfaat bagi kita semua yang sedang belajar pemrograman java. Terimakasih.



2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

  1. public static void main (String[]args){
    System.out.print("Terima kasih infonya, mantap")}

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post