3 Jenis Tipe Kabel Jaringan Komputer Kelebihan, Kekurangan, Fungsi, Gambar

Jenis-jenis Kabel Jaringan Komputer Beserta Gambar, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya - Jaman sekarang semua sudah serba tanpa kabel alias wireless. Ya benar kalau memang jaringan tanpa kabel itu lebih simpel dan praktis untuk digunakan ketimbang jaringan kabel. Karena ke-praktisan itulah mengapa jaringan tanpa kabel lebih diunggulkan. Meskipun demikian jaringan kabel masih banyak sekali digunakan demi kepentingan tertentu.

Internet adalah sesuatu yang sangat penting, terutama bagi yang menggunakan komputer untuk melakukan suatu pekerjaan, tugas, ujian, dll. Tentu kita mengenal banyak kabel jaringan, kabel jaringan berguna agar perangkat dapat merespon sekaligus mengantarkan sebuah informasi. Namun bagi yang baru mengenal kabel jaringan jangan khawatir, saya akan membagikan informasi lengkap mengenai jenis-jenis kabel jaringan.

Selain fungsi diatas kabel jaringan juga sebagai transmisi penghubung antara 2 atau lebih perangkat komputer yang pasti harus sudah memiliki jaringan internet sehingga menciptakan suatu jalur untuk dapat melakukan pertukaran data informasi dan komunikasi terhadap komputer lainnya.



Pengertian Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah sebuah sistem jaringan komputer dengan menggunakan kabel sebagai media utama untuk melakukan pertukaran data. Koneksi jaringan menggunakan kabel dapat diterapkan pada hampir seluruh jenis jaringan, walaupun saat ini jaringan wireless lebih populer namun tetap saja kabel jaringan masih banyak digunakan karena memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan tanpa kabel.

Kondisi dimana kabel jaringan dibutuhkan seperti ketika mengharuskan kita melakukan kombinasi kabel jaringan supaya bekerja secara efisien atau hanya satu tipe kabel jaringan yang harus digunakan. Secara umum ada 3 Jenis Tipe kabel jaringan yang sering digunakan sampai saat ini, dibawah ini saya akan memberikan informasi berupa gambar kabel, fungsi, kelebihan, kekurangan dari setiap jenis kabel jaringan tersebut.



1. Kabel Coaxial


kabel coaxial adalah
Struktur Kabel Coaxial
Kabel Coaxial adalah suatu media penyalur dengan tugas menyalurkan informasi yang sudah diubah menjadi sinyal listrik. Pada jaringan komputer kabel coaxial berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya.

Kabel Coaxial  terdiri dari 1 buah tembaga yang dilindungi berbagai lapisan seperti gambar diatas, sehingga membuat kabel ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kabel-kabel jaringan yang lain.


Topologi jaringan yang sering digunakan pada kabel ini yaitu Bus dan Ring. Untuk sekarang kabel ini lebih banyak digunakan pada kabel antena televisi dibandingkan digunakan untuk kepentingan jaringan komputer, karena tergantikan oleh kabel jaringan Twisted Pair yang akan kita bahas selanjutnya.


Kelebihan Kabel Coaxial
  • Harga Terjangkau.
  • Jangkauan cukup jauh.
  • Terhindar dari interferensi sistem lain karena lapisan kabel tebal.

Kekurangan Kabel Coaxial
  • Ukuran lebih besar dan instalasi susah.
  • Jika jangkauan jauh dibutuhkan Repeater sebagai penguat sinyal.
  • Tembaga Rawan putus jika pemasangan salah.


2. Kabel Twisted Pair


kabel twisted pair adalah
Struktur Kabel Twisted Pair

kabel Twisted Pair merupakan kabel yang sangat umum digunakan dalam dunia jaringan komputer. Twisted Pair diartikan sebagai Kabel pasangan berbelit, jadi setiap kabel berpasangan antara satu kabel dengan kabel yang lainya dengan tujuan mengurangi gangguan elektromagnetik dari luar seperti kabel UTP dan Crosstalk yang berdekatan.


Setiap kawat kabel diberikan warna yang berbeda dengan tujuan memudahkan ketika melakukan instalasi kabel ke dalam konektor. Konektor yang digunakan RJ11 dan RJ45 tergantung kategorinya.

Jenis-jenis Kabel Twisted Pair


  1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
  2. STP (Shielded Twisted Pair)
  3. S/UTP (Screened Unshielded Twisted Pair)
  4. S/STP (Screened Shielded Twisted Pair)


Kelebihan Kabel Twisted Pair
  • Harga Relatif Terjangkau.
  • Instalasi kabel jaringan mudah.
  • Pemeliharaan kabel jaringan ini mudah.
  • Ukuran kabel kecil.

Kekurangan Kabel Twisted Pair
  • Jarak jangkauan kabel terbatas hanya 100 meter.
  • Berkemungkinan mudah disadap.
  • Noise Resistance rendah (untuk kabel UTP), jadi mudah terganggu akibat interferensi gelombang elektromagnetik.
  • Harga kabel jenis STP lebih mahal.



3. Kabel Fiber Optik


kabel fiber optik adalah
Struktur Kabel Fiber Optik

kabel fiber optik (bisa kita sebut serat optik) adalah kabel yang mengubah sinyal listrik menjadi sinyal cahaya dari suatu titik ke titik lainnya, maka tak heran kalau memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi.


Fungsi dari kabel fiber optik tidak jauh berbeda dengan Kabel jaringan lainya yaitu sebagai media penghubung antara satu komputer dengan perangkat komputer lainya.

Perbedaan Kabel Fiber Optik dengan kabel lainya yang begitu jelas memang terletak pada kecepatan transfernya. Karena semakin kesini kebutuhan akan transfer data semakin besar dan tinggi sehingga kabel Fiber Optik inilah solusi mengatasi masalah tersebut. Keunggulan ini tentu juga berdampak pada biaya operasional, harganya jelas lebih mahal karena setara dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan.

Kelebihan Kabel Fiber Optik
  • Transmisi sinyal sangat tinggi.
  • Tidak terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik.
  • Sinyal transmisi berupa cahaya.
  • Aman karena tidak mengalirkan Listrik.
  • Ukuran kecil dan ringan.

Kekurangan Kabel Fiber Optik
  • Harga instalasi dan perawatan mahal.
  • Hanya beberapa provider yang tersedia.
  • Akan rusak jika diletakan pada belokan yang tajam.
  • Meskipun sangat cepat, masih saja dibatasi oleh provider.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan perbedaan dan jenis-jenis kabel-kabel jaringan? itulah pengertian, gambar, fungsi, kelebihan, kekurangan dari setiap kabel jaringan yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment
Previous Post Next Post