3 Website Penyedia Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Gratis Cara Penggunaan Mudah

Cara Riset Keyword atau Kata Kunci menggunakan Salah satu dari 3 Website - Riset keyword (kata kunci) untuk artikel sebuah blog maupun website sangatlah penting. Fungsi dari kita melakukan riset ini supaya kita dapat menentukan kata kunci yang paling cocok sekaligus sedang banyak dicari orang lain.

Dengan memilih kata kunci yang tepat sasaran tentu akan berbeda dengan yang hanya asal-asalan menulis judul, hal ini akan mempengaruhi performa pada hasil pencarian di Google Search. Agar menjadi penulis yang handal kita harus mengetahui apa saja yang paling sering dicari orang dan itu bertahan lama, bukan populer sesaat saja lalu hilang, tapi untuk kebutuhan jangka panjang.

Sebuah artikel jika mampu berada di halaman pertama google akan mendatangkan pengunjung yang banyak. Karena kita sudah menemukan informasi pada halaman pertama google tentu lalu apa membuka halaman selanjutnya?. Kalaupun sudah pada halaman pertama kita juga masih ada persaingan pada posisi pertama.

Hanya dengan 1 artikel pada halaman pertama google dan posisi pertama, akan mempengaruhi artikel lain di blog kita, karena terkadang pengunjung penasaran dengan apa saja yang ada di blog. Cukup menambahkan link ke artikel yang sekiranya berkaitan dengan tujuan pengunjung tidak meninggalkan blog kita.

Adapun istilah-istilah dalam melakukan riset keyword, diantaranya:
  • Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)
  • Search Volume (Volume Pencarian)
  • Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Kata Kunci)
  • CPC (Harga per-klik iklan)

3 website paling sering digunakan untuk mencari keyword


1. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan alat untuk mencari kata kunci milik Neilpatel. Kita dapat menggunakan Tool ini dengan mudah dan tentunya tidak perlu membayar untuk menggunakannya.

Ubersuggest menampilkan hasil dari target suatu negara berupa saran kata kunci, volume, cpc, tingkat kesulitan.

Contoh dibawah kita mencari kata kunci "Riset Keyword"


 
2. Google Trends

Google Trends merupakan tool dari google yang pasti gratis dan mudah digunakan dengan mengetik kata kunci dan memilih target negara, akan muncul hasil yang banyak.

Cukup menuliskan kunci maka akan muncul saran keyword, dan keyword yang sedang trend. bahkan google menampilkan di provinsi mana keyword tersebut populer.

3. KWFinder
saya sudah menggunakan 2x jadi tidak dapat menampilkan detailnya
Menggunakan tool ini sebenarnya bagus tapi sayang kita harus membuat akun terlebih dahulu. Sama seperti Ubersuggest KWFinder juga menampilkan saran kata kunci, volume, cpc, dan tingkat kesulitan.

Kita hanya diberikan 2 kali mencoba riset setiap harinya jika kalian ingin menggunakan secara bebas, kalian harus membuat akun dan berlangganan sesuai kebutuhan. Jika kalian rasa tidak perlu mengeluarkan uang maka gunakan Ubersuggest dan Google Trends saja sudah cukup.

Sekian artikel ini semoga kalian dapat menemukan keyword yang tepat sehingga artikel kalian berada pada posisi pertama pada halaman pertama.


Pengunjung yang banyak tentu melancarkan Adsense kalian...hehe. Terimakasih...

2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment
Previous Post Next Post