12 Mengatasi Chat WhatsApp telat, error, lemot, berhenti, gagal terkirim dan masuk, pending

WhatsApp sering disingkat WA! ya merupakan aplikasi Chatting terbaik yang saat ini wajib kita pasang di Ponsel kita, disamping karena gratis WhatsApp memberikan banyak sekali fitur yang bisa digunakan sehari-hari misalnya saja mengirim pesan berupa teks, video, suara dan bahkan bisa mengirimkan lokasi kita secara real-time.


Yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan WhatsApp ialah koneksi internet. Nah, masalah yang sering timbul karena App ini menggunakan internet, sering terjadi pesan susah terkirim maupun masuk, tentu ini sangat merugikan. Akibatnya baik kita atau orang lain tidak mengetahui bahwa sebenarnya pesan sudah dikirim, tapi terjadi pending.

Jika Pesan WhatsApp Terkirim akan ada tanda Centang satu itu jika si Penerima tidak sedang Online. Berikut gambar dan arti dari tanda-tanda chat dalam whatsapp.


Untuk mengatasi masalah pending sebenarnya sangat mudah kalau kita tahu penyebabnya. Untuk mengetahui penyebabnya itu maka disini saya akan memberikan caranya.

12 Cara mengatasi Chat Whatsapp Pending, Lama terkirim, lemot, error, suka berhenti, gambar jam


1. Cek Kuota/ Wifi

Hal utama penyebab masalah ini terjadi ialah mengenai ketersediaan jaringan internet. Bagi kalian yang tiba-tiba saat akan mengirim pesan terjadi pending langkah pertama yang wajib dilakukan ialah mengecek apakah kuota kalian habis atau mungkin saja sudah lewat masa aktifnya.

Untuk yang berlangganan internet Rumah, pastikan sudah membayar tagihan bulanan supaya internet ke rumah kalian tetap terhubung ya gan!.

2. Restart Hp
Oke, cara selanjutnya yang sangat simpel dan mudah dicoba ialah melakukan Restart HP (menghidupkan ulang). Tujuan melakukan restart bukan hanya melakukan restarting terhadap OSnya saja, tapi Aplikasi Whatsapp itu sendiri dan Jaringannya juga akan ikut tersrestart.

Kadang-kadang setelah HP direstart secara ajaib banyak sekali pesan masuk, karena sebelumnya terjadi pending yang bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor yang kita tidak tahu. Mungkin OS, WAnya atau Jaringannya.

3. Pause/ Jeda Kalau sedang Downbload
Kalian tipe orang yang suka download-download game? aplikasi? anime? film? musik? sebaiknya jeda terlebih dahulu kalau dirasa penting pesan WAnya. Pasalnya proses download itu membutuhkan Bandwidth maksimal dari jaringan, sehingga semua laju data akan tersedot ke proses Download.

Akibatnya kalau sedang Download + Chattingan WA, ia bisa pending sementara sampai download selesai.

4. Aktifkan Mode Pesawat lalu Nonaktifkan lagi

Kalau sebelumnya kita melakukan restart HP sekarang kita melakukan yang jauh lebih mudah lagi, yaitu mengaktifkan Airplane Mode/ Mode pesawat kemudian menonaktifkannya lagi.

Tujuannya secara khusus akan mereset jaringan, kalau sebelumnya sinyal kita H+/3G setelah kita lakukan cara ini kemungkinan besar akan berganti menjadi 4G/LTE, yang notabennya 4G itu lebih kencang dan stabil kalau soal internet. Oh ya,  ponsel + kartu sim kalian juga harus sudah support 4G.

5. Tutup aplikasi yang di Minimize
Kebiasaan yang satu ini kadang sering dilakukan oleh orang-orang tertentu yang mengira kalau aplikasi cuma diminimize itu tidak akan mempengaruhi koneksi jaringan ataupun RAM. Nyatanya bukan begitu, aplikasi yang diminimize secara tidak langsung akan tetap memakan koneksi dan terutama RAM.

Kenapa memakan RAM, untuk mempertahankan keadaan aplikasi, ketika kita membukanya lagi kondisi aplikasi masih sama ketika kita melakukan minimize. Apa hubungannya dengan WA pending? tentu saling terkait, dari sisi koneksi semuanya dibagi-bagi dan untuk RAM pun demikian makanya bisa menyebabkan WA pending.

6. Bersihkan Cache
Cache tujuannya untuk mempercepat pemrosesan aplikasi, namun seiring berjalannya waktu banyak sekali chat kita yang sudah pernah terkirim maupun diterima, alhasil cache akan menumpuk sampai Ratusan MB bahkan bisa sampai 1 GB malah bisa memicu chat pending karena cache  whatsapp berukuran besar dan menyesakkan memori telepon.

7. Matikan Fitur Hemat Daya/Baterai

Sekarang ini banyak vendor berlomba-lomba untuk membuat fitur hemat baterai canggih untuk menunjang kualitas ketahanan baterai supaya memiliki nilai lebih untuk menarik perhatian.

Fitur penghemat baterai pada dasarnya mencakup waktu habis layar, penghentian aplikasi latar belakang, pengurangan kinerja dengan mengurangi penggunaan CPU.

Tentu ini bisa menyebabkan WA terhenti sehingga pesan yang seharusnya sudah kita kirim gagal untuk dikirim karena aplikasi sudah dihentikan oleh fitur penghemat baterai.

8. Jangan gunakan Pembersih RAM
Cara kerja dari pembersih RAM ini mirip dengan Fitur penghemat baterai, namun disini lebih terfokus untuk membersihkan RAM saja.

Akibatnya ketika melakukan pembersihan RAM bisa saja WhatsApp ikut terhenti karena mengira whatsapp merupakan aplikasi yang berjalan dilatar belakang yang tidak berguna.

9. Update Whatsapp
Hal yang kadang-kadang tidak terpikirkan oleh orang ialah kalau Aplikasi perlu dilakukan Update terbaru supaya berjalan dengan semestinya. Perbedaan versi WA antara kita dan orang lain akibat jarang diupdate bisa membuat whatsapp terjadi pending lo...!.

Maka alangkah baiknya cek secara rutin, munkin 1 Minggu sekali untuk mengetahui apakah WA mendapat update.

10. Jangan pakai GBWhatsapp

Bagi yang tahu mengenai GB Whatsapp, itu merupakan aplikasi modifikasi dari Whatsapp itu sendiri. GBWhatsApp memiliki banyak sekali keunggulan, tapi sangat saya sarankan untuk tidak menggunakan GB Whatsapp, karena bisa saja karena perbedaan versi akibat sudah dimodifikasi pesan yang kita kirim bisa pending.

Akibat yang sangat fatal dari penggunaan GBWhatsapp ialah sering terjadi Banned atau diblokir. Tentu itu sangat merugikan, entah apakah nomor tetap bisa digunakan di WhatsApp atau tidak.

11. Menggunakan VPN
Pada tanggal 21-22 Mei 2019 terjadi aksi pemberontakan di Jakarta untuk menolak hasil Pemilihan Presiden. Kemenkominfo secara cepat melakukan pembatasan Media sosial termasuk Whatsapp sampai beberapa hari.

Hal ini membuat semua pengguna Whatsapp di Indonesia terjadi Pending, tidak bisa menerima, atau mengirim file berupa gambar, video, suara. Tujuannya supaya untuk mencegah terjadinya penyebaran Hoaks waktu itu.

Tapi saking kreatifnya, banyak Netizen yang berinisiatif untuk tetap bisa menggunakan whatsapp, caranya ialah menggunakan VPN.

12. Hapus WA dan Instal lagi
Cara terakhir yang bisa dilakukan jika semua cara sudah dilaksanakan dan sekiranya tidak membuat perubahan, Uninstall WhatsApp dan Install lagi, dengan begini aplikasi menjadi ringan karena semua data yang sudah menumpuk terhapus.

Tapi kalau kalian sudah mencadangkan pesan-pesan diawal penginstalan kalian akan diminta menunggu pemulihan chat.


Itulah 12 cara paling dahsyat untuk mengatasi WA sering Pending di perangkat Android maupun iOS. Artikel ini dibuat atas request teman-teman sekalian, karena banyak sekali yang mengeluh kalau WA sering error padahal WA untuk menunjang kepentingan pekerjaan juga.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan bisa mengatasi masalah kalian menyangkut WhatsApp Pending. Terimakasih Guys!!

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post