Python - Volume dan Luas Permukaan Bola contoh Program Sederhana

Contoh program sederhana Python Volume dan Luas permukaan Bola - Pada artikel kali ini saya akan memberikan pembahasan bagaimana caranya membuat program sederhana untuk bisa menghitung Volume dan Luas permukaan dari Bola.


Sebelumnya saya juga pernah membuat program seperti ini tetapi menggunakan bahasa pemrograman C yang jika dibandingkan dengan Python ini, bahasa C malah terasa merepotkan.

Untuk sobat-sobat yang baru terjun dalam bidang pemrograman alangkah baiknya memang mengambil Python sebagai bahasa pertama untuk dipelajari karena sangat mudah dipahami.

Dalam artikel pembuatan Program menghitung Volume dan Luas Permukaan Bola, syntax yang akan digunakan hanya: print 
dan tipe data:  int 

Oke guys! langsung saja Motubablog akan memberikan source code dan screen shot dari hasil Run program yang bisa sobat gunakan untuk mempelajari bagaimana sih membuat program python sederhana menghitung volume dan luas permukaan.

Source Code


print ("--- Luas & Volume Bola Motubablog ---\n")

jari=int(input("Masukan Jari-jari Bola : "))
phi=(22/7)

luas=int(4*phi*(jari*jari))
volume=int((4/3)*phi*(jari*jari*jari))

print ("Luas Bola = ", luas)
print ("Volume Bola = ", volume)



Screen Shot Code

Hasil Run Program

Untuk sobat-sobat semuanya, akan lebih afdol jika source code ditulis ulang supaya sobat jadi paham, namun tidak ada salahnya juga meng-copy sih hehe. Tugas-tugas semacam ini biasanya diberikan di mata kuliah Dasar Pemrograman.

Baca Juga : Source Code Python Kalkulator Sederhana Unik

Penutup
Sekian artikel bagaimana cara membuat program Kalkulator untuk Menghitung Luas Permukaan dan Volume Bola untuk pemula. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post