Resolusi HD! 3 Cara Merekam Layar Laptop Komputer + Kursor + Tanpa Watermark

Segala fitur yang tersedia pada komputer semakin hari semakin kompleks, hampir semua yang kita inginkan ada untuk segala yang berhubungan dengan perangkat lunak komputer. Kenapa sih semua itu dibuat, ya yang pasti untuk memudahkan semua pengguna komputer melaksanakan aktivitasnya ketika mengoperasikan komputer itu sendiri.


Salah satu fitur yang sangat krusial yaitu merekam layar komputer atau lebih sering disebut Screen Recording. Berbeda dengan ScreenShot yang menghasilkan gambar, Merekam layar komputer akan menghasilkan sebuah video aktivitas layar saat digunakan.

Screen Recording biasanya dimanfaatkan oleh Youtuber-youtuber yang diChannelnya berupa Channel Gaming, Tutorial Komputer, dan Editing. Selain itu juga sering digunakan oleh para Pelajar, Mahasiswa dan Pekerja untuk mendokumentasikan sesuatu demi memenuhi tugas yang sudah diberikan.

Walaupun fitur ini sudah lama ada, tapi kenyataanya banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya melakukan Perekaman layar komputer PC atau Laptop. Bagi yang sudah terbiasa tentu sudah tahu mana yang bagus dan mudah melakukan Screen Recording, Tapi untuk pemula atau yang baru pertama kali mau Merekam Layar Laptop tentu harus membaca artikel ini supaya tidak salah pilih software.

Screen Recorder sering digunakan untuk:
  • Youtuber Gaming.
  • Youtuber Tutorial.
  • Memenuhi tugas sekolah, perkuliahan, pekerjaan.
  • Dokumentasi Software.
  • Dokumentasi Testing & Quality.
  • Dokumentasi Aplikasi.
  • Dokumentasi StartUp.
  • Iseng-iseng aja.

Rekam Layar Laptop Tanpa Software (Windows 10 Versi 2017 keatas)
Untuk sobat yang sudah menggunakan Windows 10 versi 2017 (build 15019) keatas akan ada fitur baru yang dinamakan GAME BAR. Fitur ini bukan fitur yang harus kita download terlebih dahulu karena bawaan dari Windows 10 itu sendiri, sehingga bisa kita sebut tanpa software tambahan.

Karena ini fitur resmi dan bawaan windows tentu sobat tak perlu khawatir akan adanya watermark, Game Bar bebas dari Watermark.

Bagi sobat yang tidak menggunakan Windows 10 versi 2017 keatas, tak perlu khawatir karena masih ada 2 alternatif dibawah yang bahkan bisa lebih baik. Untuk yang Windows 10 versi 2017 keatas langsung simak saja tutorial singkat ini dan manfaatkan fitur ini.

Langkah 1 : Masuk Setting Windows cari Game Bar Setting.

Langkah 2 : Aktifkan Game Bar.

Langkah 3 : Tekan Win+G lalu klik tombol Rekam.

Langkah 4 : Tekan Tombol Merah untuk berhenti.

Langkah 5 : Secara Default video akan tersimpan di This PC -> Video -> Captures.


Rekam Layar Laptop Menggunakan Software (Mudah)
Sekarang kita lanjut ke pilihan merekam layar laptop menggunakan Software. Software tambahan perlu di Download terlebih dahulu. Berikut ini Softwarenya.

VLC
VLC yang kita tahu adalah software aplikasi yang fungsinya sebagai Video Player, tapi tahukan sobat kalau VLC ini bisa digunakan untuk merekam layar Laptop? bisa sekali, ternyata ada fitur merekam layar yang jarang diketahui orang. Langsung saja berikut Tutorialnya:

Langkah 1 : Instal VLC terlebih dahulu (Cuma 37mb saja).

Langkah 2 : Buka VLC, Tekan CTRL+C.

Langkah 3 : Ubah Mode Penangkap ke Desktop, ubah 1,00 f/s menjadi 25,00 f/s biar mulus videonya.

Langkah 4 : Klik tombol Panah Bawah di sebelah Play lalu pilih Konversi.

Langkah 5 : Tentukan File Tujuan untuk lokasi penyimpanan hasil video kemudian Start.

Langkah 6 : Untuk menghentikan perekaman cukup Close/Keluarkan saja VLC maka otomatis video akan tersimpan.


Resolusi yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan resolusi layar laptop sobat, kalau layar sobat 1366x768 maka resolusi videonya juga seperti itu. Kelemahan dari VLC ia tidak bisa menampilkan Mouse Kursor sehingga kurang mantap.

Filmora
Wondershare Filmora merupakan software tool yang fungsinya untuk mengedit dan membuat video. Tapi selain itu Filmora juga mempunyai fitur yang sangat baik disamping mengedit video ia memiliki fitur merekam layar Laptop Lengkap dengan Mouse + Tanpa Watermark. Langsung saja berikut Tutorialnya:

Langkah 1 : Instal Filmora yang Full Version banyak di Google.

Langkah 2 : Buka Filmoranya lalu buat New Project.

Langkah 3 : Klik Menu File kemudian pilih Record Media dan pilih Record PC Screen...


Langkah 4 : Mulai/Berhenti merekam tekan F9.

Langkah 5 : Video akan masuk ke Project dan siap diekspor/disimpan menjadi banyak format video.


Bagaimana mudah bukan, menurut saya hasil yang paling maksimal adalah menggunakan Software Filmora, karena fitur perekaman yang lengkap dan bisa langsung kita edit untuk sekedar menambahkan musik atau menjernihkan suara Microphone.

Sekian Artikel pembahasan Merekam layar Laptop + Kursor + Tanpa Watermark semoga berguna bagi sobat-sobat semuanya. Terimakasih Jangan Lewatkan Artikel Lainnya...

1 Comments

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment
Previous Post Next Post