Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop lewat CMD, tanpa perlu install Software

Halo sobat kembali lagi di motubablog, kali ini saya akan memberikan cara cek kesehatan Baterai laptop lewat CMD (Command Prompt) tak perlu install software aplikasi yang aneh-aneh cukup ketikan kata kunci di CMD semua rekap penggunaan Baterai laptop akan terpampang jelas.

Sebelum itu kita harus tahu apa-apa saja yang menyebabkan baterai kita drop atau habis dalam waktu singkat. Ada 2 faktor utama yang dapat menyebabkan baterai laptop drop yaitu cara pemakaian laptop dan usia laptop.


Maka dari itu untuk menghapus rasa penasaran kalian bagaimana carnya mengecek kesehatan baterai laptop tanpa menggunakan software aplikasi, dibawah ini saya beberkan caranya.

Cara yang saya berikan berjalan pada Windows 10, jika kalian menggunakan Windows 7/8 silahkan coba apakah bisa atau tidak. Tapi untuk saat ini sudah banyak sekali pengguna Windows yang migrasi ke Windows 10 karena lebih kekinian tampilan pun terlihat fresh.



Cara Cek Kesehatan Baterai tanpa Software Aplikasi Menggunakan CMD

  1. Buka cmd Command Prompt pada Laptop kalian.
  2. Ketikan powercfg /batteryreport lalu enter. 
  3. Copy alamat atau cari file lokasi file battery-report.html tersebut.
  4. Untuk mengetahui baterai sehat atau tidak, lihat perbandingan Design Capacity dan Full Charge Capacity kalau sudah berbeda jauh seperti punya saya sudah 41:24 artinya hampir 50%, baterai sudah drop. Kalau masih beda 1-8 mWh masih terbilang sehat.

Bagaimana baterai kalian termasuk sehat atau tidak? sering seringlah mengecek untuk mengetahui apakah baterai sehat atau tidak.


Sekian tutorial singkat ini semoga dapat membantu mengetahui kesehatan baterai laptop kalian. Terimakasih.

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post