Cara Memperbaiki Sayangnya Proses google.process.gapps Telah Berhenti

Apa penyebab utama munculnya pemberitahuan google.process.gapps has Stopped atau Sayangnya Proses google.process.gapps telah berhenti? Masalah ini bisa terjadi akibat aplikasi gagal melakukan prosesnya.

Artikel ini ditulis karena beberapa saat yang lalu Saya pun menjadi korban dari masalah tersebut. Akibat yang ditimbulkan dari munculnya Pemberitahuan itu bervariasi seperti:
  • Ponsel jadi lemot/lag.
  • Aplikasi-aplikasi jadi tidak bisa dibuka.
  • Koneksi internet tidak jalan.
  • Layar Blank Hitam.
Selain itu pemberitahuan akan muncul terus menerus sehingga sangat mengganggu ketika Ponsel sedang kita gunakan. Beberapa Situs menyarankan untuk melakukan Factory Reset padahal cuman masalah aplikasi saja, maka jangan terburu-buru untuk melakukan Factory Reset.

Awalnya saya merasa jengkel dengan masalah ini, lalu saya berpikir-pikir "Di Restart mungkin normal lagi" setelah di restart hasilnya tetap sama saja hp tetap lemot, "wah main-main nih hp". Akhirnya setelah sabar menelusuri masalah ini, saya menemukan solusinya.

Solusi 1
Solusi 1 ini sesuai dengan pengalaman saya.
Coba ingat-ingat Aplikasi apa yang terakhir diinstal sebelum muncul pemberitahuan tersebut, kemudian kalian bisa Hapus Cache itu. Jika sudah melakukan Hapus Cache tetapi masih muncul masalah bisa kalian Uninstal saja. Pada solusi 1 ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi/game terjadi error internal yang mungkin tidak terinstal secara sempurna, biasanya diakibatkan ketika mengunduh aplikasi/game koneksi jaringan buruk.


Solusi 2
Lakukan pembersihan Cache Seluruh aplikasi.
Pengaturan>Penyimpanan>Klik Data Cache>OK
atau
Setting>Storage>Klik Cached data>OK

Solusi 3
Lakukan Factory Reset
Jika masalah kalian benar-benar tidak dapat terselesaikan dengan sangat terpaksa kalian harus Reset data pabrik. Dan jangan lupa lakukan pencadangan data.

Baca Juga: Hey bro...Buat Stiker WA Kalian Sendiri Biar Keren

Terkadang aplikasi yang baru rilis masih memiliki banyak bug, mungkin saja itu salah satu penyebab dari masalah ini.

Peringatan!!Jangan asal instal aplikasi dari Selain Play Store, pengalaman saya pernah menginstal APK dari sebuah situs awalnya nama apk terlihat meyakinkan, setelah di instal banyak iklan muncul secara tiba-tiba ketika tersambung internet. Setelah saya cari aplikasi tadi tidak memiliki nama dan logo ajaib bukan. 

Sekian sedikit solusi dan penglaman saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. terimaksih sudah berkunjung...

Berkomentarlah yang baik dan Lucu, jangan Spam!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post